Podcast Bu Heni

Donat kampring

2 komentar
Selain ngaji, ikutan Yasinan rutin di perumahan ada gunanya. Salah satunya dapat resep kue. Sudah berapa kali saya bikin donat hanya bermodal perasaan. Soalnya males dikit2 nimbang bahan kue. Nah dapet juga resep guampang pol. Sudah kupraktekkan kemarin. Dan langsung tandas. Rasane lebih manusiawi daripada biasanya. hehe...

Donat Kampring *

bahan :
1/4 kg tepung terigu [apa aja, sgtg biru/cakra, oke]
1/2 sdm ragi instan
2 sdm gula halus
4 sdm mentega
2 kuning telur
1/2 gelas air hangat
cara membuat :
1. buat adonan ragi dulu; caranya : campurkan sedikit gula pasir pada 1/2 gelas air hangat, aduk lalu tambahkan ragi, aduk sedikit dan biarkan sampai ngembang.
2. campur dulu mentega + gula halus + kuning telur, aduk pakai sendok sampai nyampur
tips : kalo nggak punya gula halus, blender aja gula pasir 4 sdm pake blenderan biji2an, bagus kok
hasilnya. ini jg dpt tips dari peserta pengajian yg lain
3. masukkan terigu dan adonan ragi sedikit demi sedikit, sampai kalis. kalisnya itu rada lembek gimanaa gitu. lalu banting2 sebentar sampai nggak lengket, dan jadi adonan donat lah.
4. biarkan sejam, sampai ngembang, lalu kempeskan, cetak, biarkan lagi bbrp menit, kemudian goreng.
5. nah pas nggoreng nih, kemarin saya coba, masukin donatnya satu saja, lalu digoyang2 dalam minyak, eh malah lebih gede jadinya. daripada dicemplungin banyak dan dibiarkan seperti nggoreng tempe.
6. jika menggunakan gula icing, langsung campur ketika panas. caranya, masukkan gula icing secukupnya di wadah bertutup, masukkan 2-3 donat, tutup wadahnya dan kocok2/aduk2, kemudian keluarkan. ini lebih irit gula daripada menggulirkan donat di atas gula dalam nampan.

begitu, silahkan mencoba.
[plesetan dari donat kampung :D]

2 komentar

  1. resep yg menarik utk dicoba. O ya mb heni, advis njenengan utk utak-atik blog dah kucoba, tx.

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak dan memberikan komentar.
Pasti lebih menarik jika kita terus ngobrol. Bisa ke facebook: Heni Prasetyorini dan Twitter: @HeniPR. Sampai jumpa disana 😊