Podcast Bu Heni

Jika 'dia' Mendadak Pergi Untuk Selamanya

9 komentar
Sekali lagi, ada berita seorang suami yang mendadak pergi untuk selama-lamanya. Kali ini adalah seorang ulama muda Uje, yang berita kepergiannya membuat haru pagi ini.

Beberapa bulan yang lalu, berita ini juga ada. Satu dari tetanggaku sendiri. Dua dari teman handycraft. Keduanya mempunyai cerita yang mirip. Suami mereka mendadak jatuh pingsan, lalu meninggal. Konon karena serangan jantung.

Setiap ada berita seperti ini, hatiku berdegup sangat kencang. Rasanya seperti maut begitu dekat. Padahal rencana untuk bertahan hidup atau maju demi masa depan, masih dirancang dan belum dilaksanakan semuanya. Sepertinya rencana itu akan sia-sia saja.

Jam pasir seperti berhenti meluruhkan isinya. Membuat alam semesta harus duduk sejenak, merenungkan apa yang sebenarnya harus dilakukan dalam hidup ini.

Apa sebenarnya tujuan aku diciptakan?

Tapi, jika benar akhirnya aku juga akan tiada, apakah benar jika aku harus diam saja dan menjalani  hidup segitu-gitunya saja?

Aku merenung dan merenung. Ingin maju apakah salah?
Ingin lebih baik dari hari ini, apakah tanda bahwa kita kurang mensyukuri apa yang sudah diberikan oleh Yang Maha Kuasa, di hari ini?

Jika aku, sudah menikah, sudah punya anak, sudah mandiri dari orang tua, lalu ingin maju setapak lagi ke depan. Ingin melanjutkan studi, ingin membina sebuah karir agar bisa mandiri, bisa bermanfaat dan bisa menjadikan hal itu tambahan nilai ibadah; apakah aku berlebihan??

Perasaanku biasanya tarik ulur jika mendengar berita kematian. Dan mungkin memang itulah tabiat manusia. Dan memang seperti itulah harusnya perasaan manusia menghadapi hidupnya. Menjalani hidupnya dan mempersiapkan kematiannya.

Menulis hal ini begitu mudah. Padahal dalam kehidupan sehari-hari, begitu banyak upaya untuk dapat bertahan hidup. Mempertahankan iman, mengendalikan emosi ketika mengurus rumah tangga dan anak-anak, dan segala rutinitas lain yang tampaknya tidak bergerak kemana-mana. Ibadah pun belum pernah bisa sampai di tahap sempurna, khusyu yang tuma'ninah.

Perasaan-perasaan seperti ini sebenarnya melemahkan semangat. Apalagi jika lingkungan kita begitu biasa seperti manusia biasa. Tidak dilingkungan pesantren atau para alim ulama yang begitu terjaga.

Memang benar, jika dibandingkan dengan ulama yang baru saja berpulang dan juga keluarganya itu, jauh sekali posisiku. Tapi aku yakin Alloh SWT mengerti kadar hamba-Nya masing-masing. Dan sangat memperhatikan kesungguhan niat dan proses yang dijalani manusia yang berencana.

Dari sebuah tweet mbak Asma Nadia, penulis bestseller. Beliau mengatakan, tidak ada salahnya kita bersungguh-sungguh mengejar dunia. Asal hal itu tidak menurunkan prioritas kita untuk mengejar akhirat.

Berita meninggal mendadak suami, tentu membuat seorang perempuan jadi ikut cemas. Sebagaimanapun kuat pemahaman bahwa mati adalah urusan Alloh SWT. Bahwa ada anak-anak dan diri sendiri yang harus diteruskan kehidupannya, adalah jadi beban pikiran juga.

Jika seorang perempuan tidak memulai untuk membuka jalan rejeki bagi dirinya sendiri, tentu akan sangat kesulitan jika hal ini menimpanya. Ditinggal oleh sang Kepala Keluarga.

Sebagai istri, sebagai ibu, tentu akan lebih ringan jika kita mempersiapkan diri untuk mandiri menghadapi apapun yang terjadi kelak. Semoga kita semua dimudahkan untuk hal tersebut, diberikan kehidupan yang baik barakah dan dipanggil dalam keadaan khusnul khotimah [kematian yang baik] amin.

Perempuan. Kita harus kuat.

Loveyu,
Heni Prasetyorini

9 komentar

  1. Allahumaghfirlahu warhamhu, untuk Uje, semoga Allah mengampuni semua dosa dan menempatkannya pada jannah-Nya, aamiin...

    BalasHapus
  2. Terima kasih telah berbagi, Mak. Tulisan yang menyentuh. :)

    BalasHapus
  3. sy suka gak kuat kalau mendengarberita tentang kematian, Mbak. Apalagi kalo yg meninggal itu kepala rumah tangga di saat usia masih muda. Beberapa minggu lalu, temen saya saya juga ditinggal selamanya oleh suaminya. Ketika melayat, saya udah berniat untuk tabah. Tapi pas lihat wajah teman saya, langsung menangis. Gak kuat. Sediiihhh

    Semoga yang ditinggalkan tabah. Yang wafat di beri tempat terbaik di sisi Nya. Aamiin

    BalasHapus
  4. terharu baca postingan ini, kita harus selalu siap dengan segala kemungkinan ya mbak.....

    BalasHapus
  5. Mba, tulisannya menyentuh sekali, cukup aku dibuat untuk meletakkan tanganku, sedikit aku merasa bagaimana dengan aku? huaaaa...

    Salam kenal

    BalasHapus
  6. buat semua Emak yang sudah mampir. terima kasih sudah mampir dan berbagi rasa. Begitulah, karena saya benar-benar masih ibu rumah tangga yang belum berpenghasilan. Pernah berpenghasilan, namun harus berhenti dulu untuk beberapa hal.

    Jika merenung lagi, ada lagi kekuatan mandiri yang harus lebih kuat untuk dipersiapkan. yaitu kekuatan iman. betapa diri ini harus banyak belajar ya mak ......

    BalasHapus
  7. Smg apapun itu, Allah senantiasa mberikan hadiah terbaik atas stiap ujian. Amiin. #mommyrempong yg lg galau

    BalasHapus
  8. amiiin mbak Desti Arya. semoga selesai kerempongan dan kegalauannya :DD

    BalasHapus
  9. Berita tentang kematian bagaimana pun pasti menyedihkan
    Semoga kita bisa memetik hikmah dari semua itu, bahwa tidak ada yang kekal di dunia ini :)

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak dan memberikan komentar.
Pasti lebih menarik jika kita terus ngobrol. Bisa ke facebook: Heni Prasetyorini dan Twitter: @HeniPR. Sampai jumpa disana 😊