Aldo Start Bikin Papercraft Sendiri

Hari ini Aldo bikin papercraft sendiri. Dia googling sendiri sampai ngeprint template papercratfnya. yaitu Minecraft.

Sampai sore dia sibuk menggunting dan menempel. Lucu juga hasilnya.
Kecil banget.
Aldo gak set size picture nya lagi kayaknya.
Anyway good job for the first time.

Habis maghrib tadi Aldo bilang.
Ma nanti kalau printer kita udah ganti. Aku mau bikin papercraft lagi dan kujual.

Tumben Aldo kepikiran jualan. Biasanya adiknya yang suka jual beli.

Saya iyakan saja dengan hati cukup senang. Minimal ada bibit mandiri di benak anak-anakku dengan berjualan.

Rupanya nekadku jualan online di Jilbab Orin...jadi inspirasi juga buat mereka ya. Nggak ngira juga saya nih.

Bismillah barakallah ya nak.

Aji Terapi Sinusitis

Hasil.rontgen hidung Aji hasilnya sinusitis. Harus terapi SWD (Short Wave Diatherm).

Terapi Bekam

Sakit kepala saya belum reda juga walau sudah banyak obat flu yang saya minum. Bahkan antibiotik pun terpaksa saya telan juga, karena sepertinya flu kali ini bandel.

Mm, cerita penyakit nggak seru juga ya, tapi siapa tau jadi manfaat.

Karena nggak tahan dengan rasa badan yang gak karuan serta sakit kepala bangeet, akhirnya saya putuskan untuk menjalani terapi Bekam.

Sudah lama saya diajak untuk bekam demi kesehatan oleh teman saya seorang survivor kanker payudara. Namun baru kali ini saya berani dan nekad untuk menjalaninya. BErharap penuh ada perubahan.

Saya pun mengontak nomer telepon yang diberikan teman saya, dan datanglah sang umik - terapis bekam ke rumah saya.

Menatap umik saya jadi terharu, jilbabnya mirip model jilbab Teh Ninih jaman saya kuliah di Bandung dulu. Matanya teduh, bicaranya santai hangat. Tapi pijitannya manteb banget walau badannya kurus kecil. Eh biarpun kecil ternyata anaknya udah 5 loh, :)

Satu demi satu cup untuk bekam akhirnya menyedot darah kotor dari tubuh saya, yang kata umik penuh dengan toxic alias racun.

Karena pas dibekam sakit kepala dan migren saya luar biasa menyerang, maka saya mengiyakan saja ketika ditawari untuk dibekam di bagian kepala. Hasilnya, hiyy,...kata anak-anak saya, mama mirip Hell Boy atau Siluman Sapi.

Darah kotor dari bekaman di kepala saya mengucur deras terutama disisi kanan, tempat saya sering migren. Daerah bekam lainnya di pundak dan tangan. Khusus di lengan kiri saya yang tertancap jarum silikon KB Implant, tidak dibekam, karena takut beresiko. Walau saya enteng aja, bilang nggak papa umiik. Beliau menolak, takut ada apa-apa. ya sudahlah.

Maunya saya waktu itu, dibekam di sekujur tubuh sekaligus. Biar ilang deh semua racunnya. Tetapi umik menganjurkan bertahap, karena saya bisa lemas jika kehilangan darah terlalu banyak.

Setelah dibekam, subhanallah wal hamdulillah, ada perubahan besar sekali. Pundak enteng, mata rada enteng walau masih pusing. Saya pun tidur lebih lelap, nyenyak sekali. Sudah lama rasanya tidak bisa tidur nyenyak loh, baru sadar saya. Oh, ternyata saya beneran nggak jaga kesehatan rasanya.

Esoknya pun saya mudah berkeringat ketika beraktifitas. Keringatnya bikin badan seger. Cuma ya itu, sakit kepala dan hidung tersumbat saya masih ada. Sakit kepalanya belum juga reda, saya pun takut ada apa-apa. Maka saya pun lari ke dokter di RKZ Surabaya. Disana saya di diagnosa terserang Rhinitis Akut.

Yaitu semacam inflamasi atau radang di daerah mucosa hidung, disebabkan oleh virus atau bakteri. Anak saya sebelumnya, didiagnosa Sinusitis Bilateral Kompleks. Menderita hal yang sama dengan saya. Lah wong, dia sakit, saya jaga. Akhirnya saya sakit. Eh ternyata virusnya sama.

Anak saya harus menjalani fisioterapi nebul (penguapan) selama 5 hari berturut-turut.
Kalau saya, masih minum obat. JIka tidak ada perubahan berarti, harus foto rontgen hidung dulu dan mungkin akhirnya fisioterapi sama dengan anak saya.

Jika mengingat rasa sakit kepala yang menyerang ini karena rhinitis, apa saya sakit ini dari jaman jahiliyah dulu ya? :)
karena sejak SMA saya sudah sering sakit kepala, terutama ketika kuliah di Bandung.

Wis pokoke bismillah, ada obat untuk semua penyakit. Niat kudu kuat, sehat hanya untuk mengabdi kembali kepada-Nya, Alloh SWT.

Ingat Enzym Kembali

Beberapa bulan ini saya sering sekali sakit. Entah itu flu, batuk, pusing, gampang capek, susah tidur, linu semua ketika bangun tidur, duh lengkap ya.Secara umur saya ya belum tua bangetlah sebenarnya. Masih 25 tahun, #eh, nambah 10 tahun lagi ding, hehe.

Semula saya yakin tidak ada apa-apa yang buruk dalam kesehatan saya. Capek, dll itu saya anggap karena kerjaan saya kan sekarang jadi dobel. Ngurus rumah tangga, anak, juga nambah kuliah lagi. Eh ternyata, di suatu saat, sempat badan saya drop banget dan aneh.

badan pegel banget. Apalagi tangan kanan. Lengan kanan saya ini sakit sekali jika digerakkan. bahkan untuk cuci piring dan masak, itu harus nahan sakitnya minta ampun. Saya bingung juga, kenapa ini. Karena memang di lengan kanan saya, ada benjolan lemak yang kalau orang Jawa nyebutnya "uci-uci". Lalu muncul dua benjolan kecil lagi, di dekatnya. Nah benjolan baru ini mungkin yang nyerempet syaraf ya, jadi nyeri sekali. Terutama kalau saya lagi capek banget, atau kebanyakan minum kopi. Kopi? iya beneran ternyata, jika kebanyakan kafein ternyata badan saya ada reaksinya, yang linu jadi linu.

Beberapa malam saya tak bisa tidur karena sakit di lengan kanan itu, sampai saya kerokin juga, sakitnya belum juga reda. Dan mampirlah ke ibu dokter. Trengtengteng, ternyata eh ternyata, saya harus cek darah. Dan mengejutkan sekali, ternyata kolesterol saya lumayan tinggi. Yaitu 217, dengan nilai normal maksimalnya 200. "Pantesan ibu sakit semua badannya," itu kata dokter.

Bener nih kata teman saya, kalau kolesterol saya tinggi. Teman saya bilang begitu karena saya sering mengeluh, tiap hari kok rasanya masuk angin terus dan gampang ngantuk. Terlebih badan rasanya pegel aja. Dan bener loh, saat menunggu hasil tes darah waktu itu, saya ngantuk sekali tak bisa ditahan. Sampai saya nekad cuek selonjoran dan tidur di kursi tunggu. Waktu itu saya ke dokter sendirian.

Pulang dari situ, wah saya parah juga ternyata. Kesehatan lagi eror banget. Berat badan saya juga melar banget, perut buncit juga. Saya sering makan di malam hari, ketika lapar setelah begadang mengerjakan tugas kuliah. Setelah makan pun saya sering langsung jatuh tertidur. Ketika makan siang pun,begitu. Saya sering merasa ngantuk sekali setelah makan siang. Saya pun tidak pernah berolah raga dalam bentuk apapun, kecuali mengerjakan tugas rumah tangga - jika ini bisa disebut olah raga ya :)

Saya makan nasi banyak banget. Entah karena apa, saya rasanya kelaparan terus. Dan harus makan nasi banyak. Kurang sayur apalagi buah. Parah memang. Nggak kaget kalau kolesterol saya kena. Untung asam urat, dll aman.

Selanjutnya saya pun browsing lah, mau gimana lagi kecuali ke mbah google hayo. Saya cari tahu cara menurunkan kolesterol. Dan jawabannya banyak makan kacang panjang, buncis, jamur dan makanan lainnya. Saya pun melakukannya, dan ada perubahan dalam tubuh saya.

Tetapi saya masih saja belum merasa fresh, seger. Lesu aja. Mungkin terpengaruh emosi saya juga kali ya, galau melulu, hehehe. Juga mikir, nanti kuliah gimana,  biar cepet lulus gimana, kalau udah lulus gimana. Ditambah kondisi Anak mau UNAS kelas 6 SD. Adiknya juga rada males belajar. Sementara mereka semua belajar dari saya dan bapaknya aja, nggak pake bimbel. Jadi ya, mau nggak mau, isi kepala dan batin saya beraaat juga deh. saya lagi SUTRISS sebenarnya dah, alias stres.

Saya sering sekali ketika drop di atas tempat tidur, kepikiran, apa saya ini mau meninggal ya? kok rasanya badan sakit melulu.

lalu saya pun merenung. Jalan keluar satu-satunya ya, saya harus berubah. Mengubah gaya makan, gaya hidup, olahraga dan mengatur kendali pada perasaaan dan pikiran saya kembali. Saat itu saya terpekur dan sudahlah menyerah kepada-Nya. Yang terjadi di masa depan, terjadilah Ya Rabb. Aku berserah kepada-Mu. Kuserahkan hidup dan matiku hanya untuk-Mu. Saya pun berpikir, perlu untuk masuk rutin mengaji lagi di pondok seperti setahun sebelumnya saya lakukan.

Hidup saya sedang tidak seimbang secara jasmani dan rohani. jadi efeknya pun saya sering sakit-sakitan. Saat ini pun saya belum pulih dari sakit flu seminggu lebih. Obat bebas dan obat dokter belum bisa menyembuhkan total. Saya akhirnya berhenti saja minum obatnya.

Alhamdulillah,ada kakak yang sedan diet ala FC (Food Combining) menyarankan saya mengikuti cara makannya. Biarpun saya sering dibikin keki, karena dianggap cemen kagak berani diet, akhirnya saya ikuti saja. Saya bawa bukunya dan membacanya. Dan , Ya Rabb... memang benar tulisan di buku ini,

Poin penting dalam buku ini bagi saya adalah, lihatlah kesehatan tubuh itu sampai dalam bentuk sel-nya. Adanya regenerasi sel, adanya enzym yang itu semua produk utamanya ya dari air dan makanan. Maka cara makan kita yang harus dibenahi. Ah benar juga, saya belajar tentang metabolisme tubuh sampai dalam tahap sel di kelas biokimia, jadi saya yakin kebenaran penelitian dokter kelahiran Jepang di buku ini.

baiklah saya mulai untuk mempraktekkannya :
1. bangun tidur, ketika perut kosong, saya minum air jeniper hangat. lalu keluar rumah, menghirup udara segar.
2. lalu saya minum air 1 gelas. pelan-pelan minumnya.
3. saya makan sepotong kecil pepaya segar
4. 30 menit kemudian, saya sarapan.
5. ketika makan saya mengunyah 30 kali lebih, sampai benar-benar halus agar tercampur enzym di mulut dengan sempurna sehingga meringankan kerja usus saya.
6. setelah makan, saya tidak banyak minum air seperti biasanya, supaya enzym tidak encer.

dan begitulah, cukup terasa juga badan ini lebih segar tidak berat sekali seperti sebelumnya.
Perjalanan saya menuju sehat masih jauh, tapi saya akan berusaha untuk istikomah. Saya ingin sehat segar sampai nenek-nenek. Amin.


\