Nggak Bakal Kehilangan Catatan dengan Sticky Note dari Evernote



Lagi asik-asiknya nulis di laptop, tiba-tiba ingat harus Bayar SPP anak atau ada info lomba blog atau tugas dari bos. Biasanya dicatat dimana? 
Ya, salah satunya di lembaran kecil warna warni berperekat yang biasa disebut Sticky Note. 

Sticky Note. Bisa kita tulis dengan ide, To Do List, atau pesan singkat (Note) dan kita tempel di mana-mana. Biasanya di tempel di pintu kulkas, pinggiran laptop, pintu lemari baju, atau cermin tempat kita dandan tiap hari. Masalah muncul ketika tuh lembaran Sticky Note lepas dari tempatnya, karena dibuat mainan oleh anak kita yang masih balita atau sudah hilang daya rekatnya.

Kebayang juga, waktu kita lagi enak-enak laptopan di meja makan dekat dapur sedangkan tuh Sticky Note nempel di cermin dalam kamar. Rempong kan kalau harus mondar-mandir dapur-kamar, untuk ngecek apa saja yang kita catat? Bisa saja, tuh kertas kita lepas dari cermin kamar, lalu tempel di pinggiran laptop. Namun tidak dijamin akan bertahan lama. Karena bisa hilang dengan berbagai cara. 


Masalah ini perlu dipecahkan dengan seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya!!! 

Apalagi untuk momblogger, ibu-ibu yang ngeblog di sela-sela waktu ngurus anak dan rumah tangga. Kita nggak mau kan, info lomba blog lenyap entah kemana karena Sticky Note kita lepas atau dibuat mainan sama anak-anak?. Nah, saya sudah cukup lama menerapkan langkah berharga ini. Mengganti Sticky Note versi manual menjadi versi digital. Yes, digital. Hari gini, makin digital makin kekinian. Betul nggak?! 

Dan.....aplikasi digital itu bernama......

 Sticky Note dari Evernote

Sebelumnya perlu diketahui tentang Evernote. Sudah tahu?
Untuk singkatnya bisa klik evernote.com dan ikutilah langkah untuk membuat akun disana, yaitu mendaftarkan profil dan email anda disana. Jika sudah selesai menginstallnya di desktop komputer/laptop, kita bisa mengunduhnya untuk semua gadget lain (tablet, smartphone, ipad, iphone). Untuk semua gadget yang kita miliki, login dengan satu akun yang sama.
Oke, tahap pertama selesai. 

Untuk memasang Sticky Note, cara mudahnya, ketik dulu di Google Search : Sticky Note Evernote.
Lalu pilihlah satu laman yang menyediakan untuk men-download Sticky Note Evernote.

1. Contohnya di web ini : http://stickynotes.edo-soft.com/


2. Klik 'Download for Free"
3. File StickyNotes_1.5.9.exe akan terunduh ke desktop laptop/komputer kita.
4. Setelah selesai terunduh, buka file dan ikuti langkah Install
5. Sticky Note sudah terinstall di desktop kita. Sehingga akan muncul icon di desktop (kiri atas)


6. Klik iconnya, dan akan muncul seperti lembaran kertas yang menempel di desktop, dan bisa kita tulis dengan apa saja. Seperti pada contoh dibawah:



Yang seru adalah, kita hanya perlu mengunduh Sticky Note Evernote di laptop/komputer saja. Nanti akan tersinkronisasi secara otomatis ke aplikasi Evernote yang sudah kita pasang di smartphone, tablet, iphone atau ipad milik kita lainnya. Asalkan ada jaringan internet, tentunya. 

Jadi, kita bisa nulis ide atau note di laptop. Kita bisa membaca ulang di ponsel. Begitu juga sebaliknya. Jika ada note yang kita edit di ponsel, nanti otomatis teredit juga di desktop laptop kita.

Itulah asiknya menggunakan Evernote.
Silahkan mencoba.

-HPR-



2 comments:

  1. Thanks infonya mbk, baru tahu bisa langsung konek kalo download jg di lepi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, helpfull banget mbak. Terutama ibu2 kan spontan ingat tugas hariannya hehehe

      Hapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak dan memberikan komentar.
Pasti lebih menarik jika kita terus ngobrol. Bisa ke facebook: Heni Prasetyorini dan Twitter: @HeniPR. Sampai jumpa disana 😊