Coding Mum day 4,5,6 Lanjutan CSS, HTML dan Intro Responsive Web

Temen Tinemu Telaten Musthi Panen

Nasehat almarhum bapak ini selalu kupegang erat. Temen Tinemu, kalau kamu temen (sungguh-sungguh) akan tinemu (ketemu jalanmu). Telaten musthi panen, kalau kamu telaten (tekun) pasti akan panen (mendapat hasil baik).

Mengikuti Coding Mum, bukan hal yang mudah baik untuk ibu rumah tangga maupun ibu bekerja. Jadwal pertemuan di siang hari, tentu menguras tenaga lebih. Karena di pagi harinya atau bahkan malam sebelumnya, aktivitas ibu tidaklah sedikit.

Begitu juga yang dialami peserta Coding Mum Surabaya batch-1 ini.  Profesi kami beragam. Ada guru, dosen, freelancer, blogger, pengusaha dan ibu rumah tangga yang pengusaha juga. Untuk guru dan dosen, beberapa kali terpaksa absen karena tugas kependidikannya. Untuk pengusaha dan pengelola komunitas tertentu, harus berjibaku dengan tanggung jawabnya. Beberapa ibu yang masih punya anak balita, harus rela meminta ijin absen karena anaknya sedang rewel, demam dan tak bisa ditinggal. Ada yang pamit karena merawat bapak yang sedang opname. Ada yang dia sendiri juga opname.

Begitulah dunia kita ya Mum 😊.

Syukurlah kesempatan ini datang ketika anak-anak saya sudah besar. Dengan "kelebihan" ini, saya membulatkan tekad dan berkomitmen untuk hadir setiap hari. Setidaknya ada peserta yang tak terlewatkan materi belajar, sehingga nanti bisa membaginya ke teman-teman ketika waktu mereka sudah longgar. Jauh-jauh hari saya berdoa agar saya, anak dan suami diberi kesehatan hingga tuntas pembelajaran. Amin.

Pertemuan Coding Mum hari ke 4 dan 5, masih seputar HTML dan CSS. Kita diminta membuat desain layout website sendiri, mengikuti aturan atau materi yang sudah disampaikan sebelumnya.

Tools yang kita pakai berasal dari website w3schools.com. Wah website ini ampuh bener buat belajar ngoding web design deh. Siapa ya yang bikin, kok pinter bener. Baik banget juga, karena bisa diakses gratisan. Bahkan ada file w3school offline, sehingga jika butuh materi kode, gak perlu online.

Di hari ke 6 , atau pertemuan ke-6, kami dikenalkan dengan responsive web layout.
Nah, ini yang saya tunggu-tunggu. Saya suka dengan tipe template blog responsive, karena nyaman dibaca di gadget ukuran kecil seperti hp atau tablet android.
Saya suka gemeees dengan blogger yang desain templatenya belum responsive. Emaan gitu, bagus isinya, tapi mata jadi pedih baca blognya karena tulisan kecil-kecil.

Kami pun praktek dengan seriusnya,

Ini serius beneran, bukan pencitraan :-D 

Saya membuat desain web Studio Belajar Doji. Rencananya saya ingin mengumpulkan aneka link sumber belajar untuk anak-anak, supaya mudah diakses siapa saja. Beberapa teman anak, ingin belajar bersama di rumah saya. Mungkin riuh rendah keceriaan mereka belajar akan saya rekam di web ini.

Desain sederhana

Desain web responsive

Jadi, dengan penambahan kode @media screen....dst di style CSS, kita bisa mengatur tampilan web sesuai ukuran layar. Contoh sederhana diatas adalah, ketika layar kecil kurang daei 400 pixel akan terjadi perubahan warna. Modifikasi ini bisa diatur sesuai kebutuhan.

Mas Toha menyarankan kami mencoba belajar membuat web responsive dari awal, dengan membuka link belajar yang sudah diberikan, yaitu :
http://entheosweb.com/website_design/responsive_web_design.asp

Belum selesai mencoba, mendadak ada perkenalan dari mas Dicky, sebagai mentor baru kami. Mas Toha dan mas Ainan akan di switch ke kelas TOT (Training of Trainer).

Siap ketemu bootstrap minggu depan ya bu, kata mas Dicky


Kaget juga ya..bahkan bu Lulus dan Aisyah, tidak rela ditinggal oleh mas Toha dan mas Ainan, :-D :-D :-D .

"Loh, nanti kita masih boleh nanya nggak ke mas Toha dan mas Ainan?", begitu rajuk mereka.
#eaaa merajuk, hehehehe.

" Bisa bu, kan sudah ada grup whatsapp," jawab mas Toha menenangkan, sementara seperti biasanya mas Ainan cuma senyum-senyum aja dari jauh.

Mewakili teman-teman, kami ucapkan banyak terima kasih pada mas Toha dan mas Ainan, yang sudah super telaten mengajari kami. Para ibu dengan berbagai tipe karakter dan kemampuan mengcoding-coding.
Mohon maaf jika duo coach ini sering mendadak berdiri dari kursi dan menghampiri ibu yang nanya. Kadang telat maksi karena kami. Semoga nggak sakit maag ya...
Dan semoga enteng jodohnya #eh.

Sampai ketemu di kelas berikutnya, semoga sehat selalu.

Salam Coding Mum
When cool mum meets code



0 comments:

Posting Komentar

Terima kasih telah meninggalkan jejak dan memberikan komentar.
Pasti lebih menarik jika kita terus ngobrol. Bisa ke facebook: Heni Prasetyorini dan Twitter: @HeniPR. Sampai jumpa disana 😊