Coding Mum Day 3 - Intro to HTML Dan Website Interaktif Untuk Mempelajarinya

Work Smart is Not How Hard You Work But How Much You Get Done
 Yes, sudah pertemuan ketiga kelas belajar pemrograman untuk ibu-ibu di Coding Mum Surabaya, kantor Dilo Telkom Ketintang. Pertemuan ini tergolong istimewa bagi jiwa raga saya, karena sebelum masuk kelas siang, paginya saya sudah ada kegiatan bersama SCCF (Surabaya Creative City Forum). Cerita lengkapnya di artikel selanjutnya ya.

Lihatlah perbedaannya, Kiri: foto pagi di Harris Hotel, Kanan: foto siang di Dilo Telkom
Setelah menempuh belasan kilometer menembus jalan A. Yani dan kemacetan Surabaya di Siang hari.
MENERJANG MATAHARI

Pelajaran di pertemuan ketiga adalah memperdalam lagi pengenalan terhadap HTML. Tools yang digunakan masih Bracket, sebagai aplikasi menulis kode html. 
Dan belajar mandirinya menggunakan dua website yang disarankan oleh mentor yaitu, 
www.w3school.com dan www.codeschool.com.

www.w3school.com

di setiap tahap lesson  ada contoh kode html dan hasilnya.

Menggunakan website W3School untuk belajar, lebih memudahkan karena ada teori di tiap tahap belajar. Ada contoh kode dan hasilnya di setiap perintah html yang diinginkan.
Kita tinggal meng-copy paste dan memodifikasi serta menyusunnya untuk membuat kode html tampilan website yang kita inginkan.

Selain W3School, mentor juga mengenalkan satu website interaktif lagi, Learning by Doing menggunakan website codeschool.com. Selain teori berupa teks, juga disediakan video yang memudahkan proses belajar.

www.codeschool.com

Tenaga saya terkuras cukup banyak di perjalanan dari jalan Bangka menuju Kantor Dilo Ketintang. Seperti biasa, itu dikarenakan 'my spasial weakness' alias kesasaaaaar melulu kalau kemana-mana. fiuhh, itulah saudara efek samping dari dilarangnya anak untuk 'maen' di jaman muda. Kalau tuh anak penurut banget, hasilnya ya seperti saya ini, kemana-mana kesasar. Walaupun asli Surabaya tapi nggak pernah hafal jalan Surabaya. Sekaligus mempunyai kecerdasan jauh di bawah rata-rata untuk membaca peta fisik maupun Google Map. Antara jalan yang divisualisasikan di otak saya dan kenyataan selalu berbeda. Sepertinya saya perlu berlangganan ojek online saja ya, tidak perlu nekad bersepeda motor sendirian seperti ini :)

Di kelas Coding juga sedikit hectic, mungkin karena cuaca juga panas sekali. Namun tetap seru karena yang datang lumayan banyak. Sepertinya hanya bu Lulus saja yang tidak hadir. Ibu-ibu rame. Komentar sana-sini ketika berhasil menyelesaikan satu demi satu tahapan belajar di web W3School. Bisik-bisik bisnis asyik juga terdengar di salah satu sudut meja.

sudut meja yang meramu bisnis baru Coding Camp Mum *LOL
[foto dari codingmumsby.wordpress.com]

"Eh, setelah Coding Mum ini selesai, harusnya diadakan lagi Batch 2. Kita harus meluangkan waktu full sepenuhnya untuk ngoding. Ya, sekitar 6 atau 10 hari gitu, di Bali."

Grr....suasana jadi rame dan seru. "6 hari? di Bali? maksudnya?" celetuk salah satu ibu-ibu.

"Ya, kita bikin Coding Camp!"
Wow, itu ide yang sangat bagus. Dan cukup mustahil dilaksanakan. Emang mau tuh suaminya ditinggal seminggu buat ngoding doang? :D

DSCN1905
Coding Mum Day 3
[foto dari codingmumsby.wordpress.com]
Salam Coding Mum
Where cool mum meets code



0 comments:

Posting Komentar

Terima kasih telah meninggalkan jejak dan memberikan komentar.
Pasti lebih menarik jika kita terus ngobrol. Bisa ke facebook: Heni Prasetyorini dan Twitter: @HeniPR. Sampai jumpa disana 😊