Coding Mum Surabaya, day 1. Mengenal HTML dan Code Academy

Belajar hal baru adalah salah satu cara untuk awet muda tanpa krim anti-aging.

Ini adalah mantra sakti bagi saya ketika mulai nekad mendaftar ke sebuah kelas belajar yang baru. Belajar bikin awet muda sudah terbukti ampuh untuk meningkatkan elastisitas kulit wajah saya yang hampir tidak pernah tersentuh krim anti-aging. Wihii...bisa digetok beauty blogger nih saya, hehehe.

Mengasah memori.  Oke baiklah jika belajar hal baru belum terbukti kebenarannya bisa membuat kulit wajah jadi kinclong. Tetapi kesaktiannya untuk mengasah memori kita itu jelas benar. Bisa dicari sumber literaturnya, bagaimana cara meningkatkan memori atau kemampuan mengingat. Maka belajar hal baru pasti masuk di salah satu daftar jawabannya. Mengasah memori, mendayagunakan otak yang katanya baru berfungsi 1% saja ini, adalah hal yang layak untuk dilakukan dan diperjuangkan sampai usia kapanpun. Termasuk belajar bahasa pemrograman di usia sedikit diatas 20 tahun ini, *haghag

saya berjilbab biru di sisi kiri. masih unyu kan?  :)

 Beruntunglah bersama 10 peserta Coding Mum ini, saya bisa blending dengan sukses. Tidak terlalu tampak tua kan? walaupun lebih banyak mahmud (mamah muda) disana.

Ya, bertempat di kantor DILO (Digital Inovation Lounge), yang terletak di dalam gedung Telkom Divre V di jalan Ketintang Surabaya, kami berkumpul untuk belajar Coding Mum. Pertemuan pertama dimulai hari Rabu, 27 April 2016, pukul 13.00 siang.

Dengan semangat baja, menerjang matahari, saya berangkat naik sepeda motor ke sana. Seperti nostalgia jaman kuliah pasca di Unesa kemarin deh. Saya senyum-senyum sendiri. Eh, mau kuliah lagi nih, tempatnya juga dekat dengan gedung Pascasarjana Unesa di Ketintang.

Setelah proses perkenalan dengan pihak Bekraf, Dilo, dan mentor dari Suwec (Surabaya Web Community), kami pun mulai pelajaran pertama. Yaitu mengenal bahasa html.

Penjelasan singkat dilakukan. Dengan mengetikkan kode html sederhana di Notepad. Kemudian kami dianjurkan mengunduh dulu aplikasi Bracket sebagai pengganti Notepad. Diunduh di www.brackets.io . Jika menuliskan kode html di Bracket akan lebih mudah, karena muncul warna dan otomatis muncul kode pembuka dan penutupnya.

Kami diberikan modul Coding Mum, namun isinya tidak banyak teori.  Sistim belajarnya, "Learning by Doing". Mentor hanya memberikan "kata kunci", peserta mencoba sendiri dan mentor memberikan bimbingan sesuai kebutuhan tiap peserta. Karena ternyata di internet sudah banyak sekali terdapat website yang menyediakan program untuk belajar mandiri secara interaktif. Belajar mengenal html, css, javascript dan lain sebagainya. Salah satunya adalah website www.codeacademy.com.

CodeAcademy.Com
Di Website ini, kita hanya tinggal registrasi membuat akun.
Lalu mengikuti langkah Make A Website. Disitu akan dikenalkan tahapan membuat kode html, css, javascript dan sebagainya.

Di langkah awal, saya mencoba tahap mengenal html dan css. Waktu 3 jam yang dialokasikan di Coding Mum kemarin, tentu tidak cukup. Jadi ketika pulang, saya langsung saja menghadap laptop semalaman, saking penasarannya.

Amazing dan Ohh Ahh Ohh, saja ketika saya berhasil mempraktekkan satu per satu tahapan coding di situ. Beberapa kode sering saya temui ketika mengotak-atik html template blogspot. Website ini mudah sekali diikuti loh, semua bisa mencoba asal paham bahasa Inggrisnya. Jika belum ngeh banget bahasa Inggris-nya juga gpp lah, bonek aja. Kan ada google translate :)

saya terpana lihat transformasi kode css menjadi bentuk visual :)

Begitulah pertemuan Coding Mum day 1. Saya mengenal HTML dan CSS. Serta mendapatkan bimbingan dari grup whatsapp yang juga berisi para mentor dari Surabaya dan Jakarta. Kapan pun ibu-ibu siap ngoding, mereka siap membantu. Bahkan mas-mas dari Dilo membuatkan blog khusus untuk program Coding Mum dari Surabaya, yaitu di http://codingmumsby.wordpress.com

Yah, masih ada 14 pertemuan lagi. Atau sekitar 12 pertemuan lagi, karena 2 pertemuan terakhir adalah untuk presentasi. Namun mengenal saja tentang pemrograman, front end, back end, html, css, javascript dan peluang kerja dibalik coding mengcoding ini, cukup membuat saya bersemangat. Alhamdulillah anak dan suami sangat mendukung. Semoga ilmunya ini bisa manfaat buat sebanyak mungkin orang yang membutuhkan. 

Salam Coding Mum

4 comments:

  1. wah keren nih. Aku jg di Surabaya. Seenggaknya klo untuk basic HTML aku udh paham. Tp pengen mendalami lg. Soalnya aku lbh sering pakai CSS bwt bikin template dan HTML cuma sekedarnya. Pengen gabung juga.

    BalasHapus
  2. Aku pusing kalo liat html :p

    BalasHapus
  3. Baru aja daftar untuk event yg sama di Makassar. Semoga terpilih.

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak dan memberikan komentar.
Pasti lebih menarik jika kita terus ngobrol. Bisa ke facebook: Heni Prasetyorini dan Twitter: @HeniPR. Sampai jumpa disana 😊