Ngeblog Di Handphone, Bisa Nulis Kapan Saja dan Di Mana Saja

Bagaimana tips ngeblog yang paling asyik darimu? 

Jawaban saya: pake HP.

Gadget yang bisa mengakses internet sudah tersedia dalam berbagai bentuk. Selain komputer dan laptop, perangkat mobile bisa berupa ponsel pintar (smartphone), tablet, ipad, iphone. Dengan sistim operasi berbasis android dan ios.

Mobile gadget ini yang sangat membantu para blogger yang punya banyak tugas negara seperti saya. Yaitu tugas ke pasar, memasak, bengong depan mesin cuci atau bengong di depan gerbang sekolah waktu menjemput anak.

Terlebih lagi, jika masih punya anak bayi atau balita. Ngasuh anak, njaga anak, menyusui anak tentu memakan waku yang tidak sedikit. Antara satu jeda waktu ke jeda lainnya tidak bisa diprediksi. Jadi, jika ibu-ibu ingin produktif menulis termasuk membuat postingan blog, harus cermat menyiasati dan memanfaatkan jeda waktu yang ada. Cara termudahnya bagaimana?

Yaitu dengan teknik Ngeblog Di Handphone.

Apakah bisa?
Bisa.

Ada 3 teknik ngeblog di handphone, yaitu:
1. Ngeblog dari browser internet hp, misalnya google chrome, UC Mini, atau internet browser bawaan hp. Tinggal buka www.blogger.com, buka dashboard blog lalu buat entry baru.

2. Ngeblog di aplikasi blogger yang sudah diunduh dari playstore. Caranya juga sama dengan nomer 1 diatas. Tinggal buka aplikasi, buka dashboard, lalu buat entry baru.

3. Ngeblog dari email. Nah ini cara termudah sebenarnya, cuma kita tidak bisa mengedit layout tulisan. Caranya dengan terlebih dulu masuk ke setting dashboard blogger. Atur nama email blogger dari satu blog yang dituju. Satu blog mempunyai satu nama email blogger khusus. Contohnya: blogheni.xxxx@blogger.com.
Lalu, dari aplikasi Gmail, kita tinggal membuat Email baru seperti biasa, dengan nama email yang dituju adalah email blogger seperti diatas. Hasil tulisan bisa langsung dipublish atau dijadikan draft saja, tergantung pilihan di setting.

Untuk jelasnya, akan saya buat video tutorial 3 tahapan diatas.

Dengan cara ini, ngeblog jadi lebih mudah. Memang sih, butuh latihan keluwesan dan kecepatan jempol untuk mengetik di keyboard handphone atau tablet. Namun, lama-lama akan terlatih juga kok. Jadi, kita bisa ngeblog kapan saja dan dimana saja. Ide brilian, unik dan keren bisa langsung diwujudkam menjadi tulisan, sekaligus foto terkait yang lebih aktual.

Seperti waktu saya ngeblog sambil jagain keponakan baru saya ini nih,
Semoga menginspirasi.
Heni Prasetyorini

6 comments:

  1. Siiip tenan apik idene cocok wes...

    BalasHapus
  2. Aku belum bia ngeblog di HP. Paling2 BW ajah kalo dari HP mah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena kudu ngedit foto kartun kali ya mbak?

      Hapus
  3. Aku termasuk yang nggak berdaya kalo suruh ngeblog via hp. Palingan buat BW aja. Aduhh... ini jari kalo nutul kok ya suka mleset ke mana-mana. Wkwkwk

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak dan memberikan komentar.
Pasti lebih menarik jika kita terus ngobrol. Bisa ke facebook: Heni Prasetyorini dan Twitter: @HeniPR. Sampai jumpa disana 😊