Tetap Tegar Jadi Emak Gahar



Emak gahar dilarang tumbang!
Emak gahar dilarang nangis di pojokan!

Lah, mbak Heni, itu ngapain sampai mangap-mangap segala. 
Ekspresinya itu sepenuh hati banget gaharnya. 
Hahaha, itulah cara terampuh saya untuk "mencambuk" diri sendiri. Memaksa diri sendiri melawan baper dan mager. [*baper = bawa perasaan, mager = males gerak]

Apalagi kalau udah harus berhadapan dengan siklus bulanan yang memporak-porandakan mood, dan membuat kaki dan boyok terus nyut-nyutan. Linunya itu loh, kayak habis naik gunung sama himpunan pecinta alam aja. Perasaan jaman sekolah, naik lereng gunung sampai subuh terus pulang ke kos-kosan, besoknya aman aja lari ngejar angkot. Sekarang track jalan kaki cuma pagar dan dapur aja, aduuh badan pegel semua.

Perempuan Multitasking Butuh Multivitamin

Mendengar keluhan saya itu, banyak teman yang menganjurkan saya minum multivitamin mineral dalam kemasan modern yang siap minum. Secara umur juga udah lewat jauh dari angka 17 tahun, saya pun kudu tahu diri juga lah. Apalagi perempuan, kerjaannya banyak bener, nggak ada habisnya dengan waktu terbatas. Mau jadi ibu rumah tangga, kerja dirumah, kerja di kantor, pokoknya jadi emak-emak itu nggak mungkin lepas dari multitasking.

Terlebih kalau udah jadi emak-emak, jadi ibu, jadi mom.
Singkatan kata MOM juga apa coba?


MOM = Master of Multitasking. 


Menjadi seorang ibu adalah sebuah perjalanan baru menjadi manusia ajaib yang ahli melakukan beberapa hal sekaligus. Multitask.


Ajaib?

Ya, karena tanpa perlu adanya pelatihan tertentu, seorang ibu otomatis saja bisa melakukan semua hal dalam satu waktu. Misalnya menggendong anak, sambil menyusuinya, sambil membersihkan telinga anaknya, sambil berjalan kesana kemari dari dapur menuju tempat mesin cuci baju. Ya, semuanya bisa dilakukan sekaligus. Bahkan sesekali sang ibu mampir ke meja makan, mencomot beberapa potong tahu goreng untuk pengganjal lapar saat menyusui.  Hitunglah berapa jumlah pekerjaannya? Mau ditambahin lagi? bisa!

Dengan beberapa pekerjaan yang perlu diprioritaskan sekaligus dalam satu waktu inilah, perempuan biasanya kurang baik menata pola makan dan pola hidup yang sehat. Terkadang karena kelelahan pula, terjadi gangguan kesehatan dan pencernaan yang menyebabkan penyerapan vitamin dan mineral dalam tubuh jadi tidak optimal. 


Terlebih jenis vitamin dan mineral itu ada yang larut dalam air, yang bisa mudah hilang jadi keringat atau air seni. Jadi harus di-"supply" terus supaya metabolisme tubuh tetep berjalan baik. Cara termudah ya minum multivitamin dan mineral. Selain menjaga stamina, multivitamin mineral diperlukan juga untuk beberapa hal dalam infografik berikut ini:





Memilih multivitamin juga kudu ati-ati loh mak. Sesuaikan dengan kebutuhan gizi kita yang dipengaruhi gender dan juga umur. Untuk perempuan, suplemen multivitamin biasanya dirancang untuk kebutuhan usia subur 18 - 50 tahun. Bahkan pada wanita hamil, diperlukan multivitamin yang mengandung lebih banyak zat besi dan asam folat, utnuk mencegah bayi lahir cacat. 

Nah, di cerita awal saya lemah letih lesu, itu bisa dikarenakan kekurangan vitamin dan mineral. Emang mak, itu loh, walaupun vitamin dan mineral hanya diperlukan dalam jumlah kecil, akan tetapi penting. Kalau kekurangan bakal ada masalah, kalau berlebihan juga kurang baik. Lebih lengkapnya saya sajikan dalam bentuk tabel ini nih, biar mudah bacanya. 



Tabel1. Jenis Mineral, Fungsi dan Akibat jika kekurangan


Tabel 2. Jenis vitamin, produk makanan sesuai 


Ketika Menstruasi, Kemampuan Multitasking Perempuan Menurun


Jadi, kayak saya tuh, kalau lagi mens badan pegel semua, lemah, letih, lesu, itu bisa diakibatkan kurangnya asupan vitamin dan mineral berupa zat besi, Mangaan dan seng. Saat siklus menstruasi, bahkan ketika sudah menopouse, perempuan membutuhkan asupan zat seng dan zat besi dengan baik. Coba deh kalau lagi drop bulanan gitu, minum suplemen yang ada kedua unsur mineral tadi, dijamin badan lebih seger rasanya. 

Kebetulan, kemarin saya coba minum tuh multivitamin mineral Theragran M, lumayan badan ini jadi seger lagi dan bisa neruskan beberapa pekerjaan yang tertunda. Itu karena, di dalam setiap kapsulnya mengandung beberapa vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh, dengan komposisi tepat. Minumnya juga sehari sekali saja ya, kecuali dokter menganjurkan lain. 


multivitamin theragran M
Jenis vitamin dan mineral yang ada dalam Theragran M


komposisi Multivitamin Mineral Theragran M

Nah, jadi kenapa ada orang bilang kalau multitasking perempuan menurun ketika mens? 

ya karena setelah diteliti, kemampuan spasial perempuan berkurang dalam siklus mens bulanannya. Kemampuan spasial itu penting karena menentukan kemampuan menggabungkan beberapa kemampuan yang berbeda sekaligus. Tetapi hal ini juga berbeda-beda sih, tergantung bawaan tiap orang juga. Ada perempuan yang makin lincah gesit saat mens, ada yang makin susah mikir banyak hal dan melakukan multitasking. 



Pokoknya kalau mau kerja multitasking, butuh banyak energi deh, kayak animasi di bawah ini:


Ingat! Jangan Berlebihan

Walaupun sangat berguna untuk kesehatan, minum multivitamin tidak boleh berlebih loh mak. Hindari multivitamin yang melebihi 100% dari nilai harian yang direkomendasikan. Karena kalau kebanyakan dalam dosis besar, dapat jadi racun bukan jadi nutrisi dalam makanan. Misalnya kelebihan kalsium, akan menghambat penyerapan zat besi. Pokoknya pilih multivitamin dengan komposisi seimbanglah kayak Theragran M ini, yang diproduksi perusahaan terpercaya PT. Taisho Pharmaceutical Indonesia Tbk. Belinya juga gampang, ada di apotek terdekat atau apotek online yang sekarang sudah mulai banyak beredar di internet. 


Tetap Tegar Jadi Emak Gahar

Bener juga nih, setelah rutin mengkonsumsi multivitamin mineral Theragran M, badan jadi lebih segeran. Nggak gampang ngantuk, lesu dan bete lagi. Pekerjaan rumah beres, urusan kerjaan di blog dan edupreneur juga oke. Proposal training digital learning yang sudah diminta oleh pihak sekolah, bisa saya hias lagi dengan beberapa infografik dan mengirimnya menjadi berkas yang lebih cantik. 
fotonya yang cakepan dikit napa mak? :D
Serius nih, nggak mudah jadi perempuan loh, apalagi emak gahar. Kan emak gahar nggak boleh nangis di pojokan? wkk..

Yang artinya, biarpun migren melanda atau gundah gulana kehidupan datang menerjang, tetep aja rencana kerja kudu jalan terus. 

Demi apa coba?
Emak gahar ingin membangun 7 karakter perempuan suksesIngin menguji kemampuan diri sendiri, seberapa besar pencapaian yang bisa dibangun oleh perempuan yang baru bisa berkarya setelah belasan tahun menjadi ibu rumah tangga. Nah, 7 karakter ini harus saya upayakan sekuat tenaga tetap ada dalam diri saya. Yaitu:
  1. punya passion yang kuat
  2. mau bekerja keras
  3. fokus 
  4. punya motivasi diri yang kuat
  5. melayani sepenuh hati
  6. gigih menghadapi rintangan
  7. percaya diri
Apalagi saya nih dianugerahi anak laki-laki semua. Saya kudu menunjukkan ketangguhan dalam menjalani hidup. Sehingga anak saya jadi anak gadas, kuat sekuat batu cadas. Tapi itu semua tidak hanya dibangun dengan tekad. Melainkan kudu dibarengi gaya hidup sehat. Sepakat? 

Semoga menginspirasi ya...

Salam, 


Emak Gahar :D
alias Heni Prasetyorini







34 comments:

  1. Suksess buat emak Gahar..semoga menang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin, suwuun mbak Sri, pembaca pertama dan setia, eaaa

      Hapus
  2. emak gahar rek,.konsisten gahar, ahaha..emang perlu mak kegaharan hidup dan kegaharan sehat :)

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. Siaap!!
      Makasih ya Dwi yang kalem manis imut

      Hapus
  4. iyaa mak, jadi emak harus seteronggg heheee

    BalasHapus
  5. Anak gadas itu apa ya Mbak maksudnya? :) Roaming saya hehehe...

    BalasHapus
  6. Mba Heni gahar banget potonya. Hiihii
    Emak emak emang bener2 multitasking ya mba. Semua bisa digarap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fotonya sambil bilang, gahaarrr!!!
      Nah gitu hasilnya mbak alida, wkkk

      Hapus
  7. Anak gadas = anaknya emak Gahar yang cerDas
    *Maksa 😄😄

    BalasHapus
  8. Smoga menang mak.

    Sangar fotone :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. amiin, suwun mbak Tatit, hehehehe'
      ga tau dapat hidayah dari mana, maunya foto sanagr gitu, wkkk

      Hapus
  9. Gahar itu kalo di tempatku artinya galak. Gahar disini artinya samakah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gahar disini artinya galak menghadapi segala hal yang melemahkan perempuan. eaaa :)

      Hapus
  10. Udah gahara mbaaa :D iyah setuju, jadi mom = master of multitasting hihiii klo mamak sakit, rumah kan jadi awut-awutan yaa mbaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. begitulah mbal Uci :)
      ayo ah singsingkan daster eh lengan baju

      Hapus
  11. Aku mau donk jadi emak gahar..hahahah.. butuh vitaminnya :D

    BalasHapus
  12. tulisannya seru mbak, hehe... memang emak gahar hahaha... sehat selalu ya mbak.

    BalasHapus
  13. Keren nih tulisannya, Mak Heni, videonya apalagi, kreatif banget. Semakin gahar berkat Theragran M :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. suaraku di video nggak kayak bunda PAUD mendongeng ya? kata suamiku begitu, hehehehe

      Hapus
  14. Aaw... hidup Emak Gahar! Hidup Rocking Mama #eh
    Semoga sehat selalu, ya Mba Heni a.k.a. Emak Gahar...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi makasihh dah mampir kesini, mbak Dini yang baik hatiii

      Hapus
  15. Multivitamin memang sangat dibutuhkan ya biar badan ttp fit dan gak gampang lesu..
    Saya suka dengan konsep ceritanya mengenai wanita tangguh yang harus ttp prima dan fit sepanjang hari agar memenuhi 7 kriteria wanita sukses. Apalagi review theragran M nya lengkap banget.
    Semoga menang y mak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin amin, makasih mas hanan. semoga sukses juga ya

      Hapus
  16. Informatif dan selalu tegar Maakkk !! dilarang tumbang ya banyak acara menunggu :)

    BalasHapus
  17. Adoh ekspresinya gak nahan Mak Gahaaar wkwkwk. Aku kalau kedatangan tami bulanan itu juga badan kayak digebukin, Mak. Mood jungkir balik. Tapi namanya kita emak-emak harus tetap tegar berdiri haha. Makasih semua tipnya. Salut lihat semangat belajar dan mengajarmu. 💕💕💕

    BalasHapus
    Balasan
    1. akkk ibu Jendral mampir ke sindang, ayolah kita menggahar bersama :D

      Hapus
  18. Ahahahaa.... gahaar mba :))
    Sukses ya buat lombanya ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. idiih malu didatengi biuti bloher kesini, makasih yaa mbak Oline. sama2 semoga sukses

      Hapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak dan memberikan komentar.
Pasti lebih menarik jika kita terus ngobrol. Bisa ke facebook: Heni Prasetyorini dan Twitter: @HeniPR. Sampai jumpa disana 😊