Tentang Smartphone : hemat baterai dan pulsa

Pin BB -nya berapa sis?
pertanyaan ini sering sekali muncul di layar HP ku, setiap ada sms calon customer yang masuk.
Menjawabnya kadang membuatku segan juga, onlineseller kok kagak punya BB. Tapi... untuk punya BB aku mikirnya kok berkali-kali lipat ya...

inilah alasannya :
1. saya amati yang pada punya BB tuh sibuk bener. dikit-dikit ada bunyi PING PING PING. lalu mereka menunduk dan menjawab pesan-pesan di BBM itu. repot banget. nerima SMS aja kadang rasanya kewalahan. gimana nanti kalo ditambah sama BBM-an? lah, bisa nggak ngurusin rumah seharian deh....

2. baterainya abis cepet banget. setelah saya browsing ke Google, emang ada cara agar hemat baterai pakai BB. cuman ya, kalau kudu nyalain fungsi BBM-nya, tetap aja, sehari semalam, baterai sudah low dan butuh di charge. kebayang repotnya ya, sedikit-sedikit nge-charge. sementara ponsel lawasku, bisa 3-5 hari baru habis baterai. kecuali aku sibuk berfb dan ber google ria, baru deh baterainya habis 2-3 hari-an.

3. pulsanya mahal ciinn...; gimana pun providernya, untuk BB full service, kudu ngerogoh kocek minim 50 ribu sampai 100 ribu, satu bulan. padahal kita itungannya internetan di layar kecil mungil itu. dibandingkan internetan unlimited sama si laptopku, plus modem smart evdo, sepuasnya cuman butuh 45ribu sebulan. itu pun benar-benar sepuas puasnya. di layar yang lebar. walhasil, perkara pulsa ini juga membuatku berpikir ulang,

4. ada android dan nokia symbian. dua alternatif smartphone ini membuatku berpikir ulang untuk mempunyai BB. sepertinya di masa depan, android lebih leluasa dipakai dan disetting sesuai perkembangan gadget dan software.



Untuk Symbian, yang aku tahu dari Google cuman Nokia Symbian. Merk ponsel lain epertinya belum ada yang pakai sistim Symbian.

Nokia Symbian yang kupunya, adalah C63.
Bisa untuk push email, ada ovishop [nokia market], enak juga untuk internetan. pulsanya biasa aja, pakai paket data internet.
yang tidak ada ya cuman fungsi BBM aja.
tapi ini bisa diatasi dengan adanya WHATSAPP. yang fungsinya sama, bisa kirim pesan kayak BBM, bisa kirim video, gambar, musik, dsb. Malah mudah sekali, ga perlu kasih nomer pin, karena dari nomer HP kita sendiri aja daftarnya.



nah, ini yang kupegang sendiri sekarang. ponsel android punyanya samsung. ponsel ini enak dipakai. touch screen-nya, sensitif sekali.
sistim android punya fungsi persis seperti BB dan nokia symbian. Tentu tidak ada fungsi BBM, tapi bisa diganti dengan menggunakan WhatsApp.

kelemahan android ini : boros baterai juga, dan pulsa data juga.

jadi gini critanya,
aku daftarkan paket data unlimited 500MB/bulan = 25 ribu [pakai XL]
lalu suamiku mengaktifkan semuanya, Gmail, FB, WhatsApp. dalam satu malam saja, data internetku sudah habis 400MB. padahal aku nggak ngapa-ngapain, cuman tidur dong. artinya tuh ponsel nggak kepake.

wah berat di ongkos nih. aku berpikir keras, gimana cara ngatasinya.
akhirnya udah ketemu nih, sekaligus aku kasih tips cara hemat baterai dan pulsa.

Tipsnya :
1. agar hemat baterai : atur semuanya agar tidak banyak aplikasi yang nyala. bluetooth matikan. rotasi otomatis, matikan.

2. agar hemat pulsa : jika sedang tidur/ponsel tidak digunakan, atur MOBILE & Network, dan matikan Penggunaan paket data. jadi internet benar-benar berhenti. dan baru nyalakan lagi jika ingin digunakan.
untuk mengontrol penggunaan pulsa data, kita bisa mendownload ONAVO,
di ponsel android, atau di nokia symbian.
jadi, kita bisa tahu berapa KB data internet yang sudah kita pakai. dan disesuaikan dengan paket data yang kita ambil.



Memang sih, ulasan saya ini tidak akan berlaku bagi mereka yang benar-benar mobile, dan butuh internet setiap saat.

Karena saya tidak begitu. Saya tidak begitu mobile, dan tidak begitu perlu internet setiap saat, maka untuk sementara saya atur ponsel pintar saya, agar hemat pulsa dan waktu. Karena sementara waktu ini, saya mau semedi dulu :D

Jika suatu saat diperlukan, maka bisa diatur ulang.











2 comments:

  1. Tos ah.. saya juga pake Samsung Android Mba Orin.. :)
    emang banyak juga yg minta PIN BB.. tp untuk saat ini belom tertarik.. :)
    TFS untuk info ONAVO nya yaa..

    BalasHapus
  2. sama-sama mbak vita. onavo ketemu karena saya googling cara hemat paket data internet, heheh...

    sip sip. di surabaya, koran Jawa Pos, malah ada berita, serorang mahasiswa yang bisa bikin software mmemadukan BBM, Fb dan whatsapp untuk ponsel android.

    nah, lama2 makin enakan pake android deh kayaknya.

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak dan memberikan komentar.
Pasti lebih menarik jika kita terus ngobrol. Bisa ke facebook: Heni Prasetyorini dan Twitter: @HeniPR. Sampai jumpa disana 😊