DUA PULUH RIBU CINTA

Tidak ada komentar
PAgi ini sengaja nggak sengaja aku kasih Aldo uang saku sebanyak 20 ribu. Nggak sengaja karena kebetulan nggak ada uang kecil lagi. Barengan sama habisnya air minum di rumah. Dan toko belum juga ngirim padahal sudah ditelpon setengah jam. Sengaja karena sekalian ingin tahu, apa yang diperbuat Aldo dengan uang sebanyak itu.

Biasanya uang saku berkisar dari 2000 - 5000 saja. Itu toh tidak setiap hari. JIka aku bisa menyediakan bekal lengkap. Mulai nasi dan air minum, dan hari itu tidak ada olahraga, maka tidak ada uang saku, tidak masalah. 5000 kuberikan sebagai bonus biasanya. Jika kemarin atau beberapa hari itu, dia berperilaku semakin baik. Atau hari itu ada olahraga. Ini pengalaman, pernah dia minta dibeliin temannya makanan karena masih lapar atau haus, sementara bekalnya sudah habis.

Nah, Aldo pun mengulum senyum menerima pemberitahuanku atas nominal uang sakunya hari ini. "masukkan sakuku aja mah," teriaknya. Aku membalas, "mama masukkan dompet flanel merah ini lho, kamu belum mandi gitu. Nanti hilang kalau ditaruh di saku celana. Pas kamu pakai celana kan uangnya bisa jatuh."
Berangkatlah dia.

Ndilalah, di rumah aku kepikiran terus sama uang itu. Dan apa yang dilakukan Aldo dengannya. Aku menebak, pasti dia beli mainan. Karena sebelum berangkat aku beri tahu, uang saku itu untuk 3 hari ya. Rabu, Kamis dan Sabtu. JAngan beli mainan. PAdahal dalam hati sudah kepikiran untuk membiarkan saja, eh nih mamah masih aja nyeletuk gitu. Waduh kepikiranku makin menjadi-jadi. Salah nggak ya ngasih uang saku sebanyak itu. Kenapa aku tidak belanja telur aja dulu gitu. Aku mulai didera penyakit bawaan para wanita, cemas dan bersalah.

TIba waktunya pulang sekolah. Aku menjemputnya sendirian. Aji ketiduran ketika menunggu waktu menjemput kakaknya. PAdahal dia sudah siap. Minta dimandiin dan pakai kaos upin ipin kegemarannya itu. Aku titipkan Aji pada tetangga depan rumah, yang kebetulan ada. Biasanya dia sering tinggal di desa.

Waktu sudah mepet. PAs aku tengok kelasnya, murid-murid sudah siap berdoa di bangkunya masing-masing. Setelah melaksanakan tugas piketnya , Aldo keluar menemuiku. Dia peluk aku, dan mengatakan, "Ma uangku tinggal 5 ribu. "

Haa....sabar-sabar, aku menahan reaksiku. "Buat apa mas?" tanyaku pelan. Tumbeen juga, biasanya langsung murka deh nih mamah. Itu karena dari kemarin aku dan Aldo membuat kesepakatan. Dia akan lebih menurut kalau aku bisa lebih lembut. Dan kemarin ada insiden belajar sambil menangis, aku menyesal, lalu mengetik surat permohonan maaf pagi2, dan kuselipkan di kotak pensilnya Aldo. MAka saat itu aku kebawa lembut dan sabar. Dah janji sih soalnya. :D

"Mmm...buat beli majalah kuark. Yang level 2. "

Waah...aku langsung menyeringai lebar. Bangganyaa.....

"HArganya lho ma, 13.500, trus kembaliannya 6 ribu..mm....5 ratus. ya. "

Kemarin aku sudah membelikan majalah kuark level 1, karena untuk kelas 1 dan 2 SD. Untuk persiapannya olimpiade sekalian. Semalam dia sempat bilang penasaran sama majalah kuark level atasnya. Dan hari ini dia menjawab sendiri penasarannya itu.

Di atas sepeda motor yg melaju, kukatakan, "Mama bangga..."
dia bertanya, "kenapa ma?"
"Anak mama bisa ngatur uangnya. Untuk beli barang yang berguna. Sip deh. "

Agaknya hasil obrolan kemarin tempo hari masuk juga kehatinya ya. Aku bilang, " inti belajar itu ya mas ALDO ya, ingin tahu, lalu mencari tahu. kalau sudah tahu kemudian tugas kita itu memberi tahu teman yg belum tahu, "

Semoga mamah dan Aldo bisa terus belajar bersama.
Sungguh anak adalah guru yang paling pemaaf dan bijaksana.

Free Skill

Tidak ada komentar
Free skill punya makna ganda. Tidak hanya membebaskan diri untuk mempelajari hal baru. Tetapi juga bisa juga keahlian untuk mencari free alias gratisan. Di internet semua hal itu bisa kita peroleh. Dan kemarin aku baru dapat free printable english worksheet and boardgame buat anak-anakku. Benar-benar kreatif membuatnya. Menjadi tercerahkan lagi dan tersemangatkan lagi untuk terjun dalam dunia pendidikan. Semua tinggal mencari formula yang tepat.

Hari ini aku gunakan semua kalimat aktif. Aku tidak hanya menunggu. Aku mengatur, melakukan dan mengevaluasi hasilnya.

Free Donlot

Tidak ada komentar
Hampir seharian ini aku membuka file worksheet pdf bahasa inggris. Dan, Subhanallah lewat http://english-4kids.com, ada banyak bagus. Gambarnya menarik. Aku yakin Aldo suka. Dan sekalian bisa dipakai untuk anak lesku nanti, atau diberikan kepada bu Guru.

Alhamdulillah, hari ini rencana yang kubuat bisa kulakukan. Dan aku senang dan bangga kepada diriku sendiri karena hal tersebut.
(Eh...hujan datang...) hmm...segarnya nanti bau tanah basah.

Hal-hal kecil, mulai kulakukan. Dan mengurangi emosi pada anak, juga kulakukan. Pekerjaan rumah tangga selesai begitu saja. Sedikit demi sedikit. Eh jadi ingat kalau belum ketemu mesin cuci, teman setiaku.

Hh...sudah mulai lelah. sudah lewat tengah malam. Aku yakin semua bisa tertata sesuai keinginanku. Aku tidak boleh takabur. Semua kemudahan ini harus kubagikan kepada orang lain. Harus sama-sama free donlot untuk orang lain. Sekecil apapun aku berguna, akan kulakukan.


Semangaaat...:D

De Jang Geum

Tidak ada komentar


Hello…
Apa kabar laptopku sayang. Hari ini kuputuskan untuk memberimu nama.
Pipiet Senja memberi nama mesin tik elektriknya sebagai Denok.
Pendiri tobucil, memberi nama laptopnya Joni I. alias I pod. Kok bukan Joni L ya? Kupikir ipod itu kecil saja seperti kalkulator saku.
Hmm…coba kita cari.
Dari buku kamus Aldo tadi ada kata menarik, yaitu STARFISH, alias bintang laut. Nama binatang siih. Nggak nyambung juga. Cuma, ada starnya gitu. Jadi kan artinya bisa bersinar.
Lalu…mm…menurut primbon, hehe…si laptop ini rencananya akan kubuat sebagai suami keduaku. Hahaha…poliandri dong yaa…hiyyy…jijay.
Apa ya…

Inilah kandidat namanya :
1. Si Bejo : supaya memberi keberuntungan ataw kebejoan
2. Si Makmur : hihi..kok kayak temennya Sule
3. Hepi : biar bikin hepi gitu
4. Hani : yang tersayang gitu, kan mirip2 namaku sendiri juga. Tapi…too feminin ah. Nggak cocok sama style aku.
5. Yu Painten : ..hmm…opo artine yo. Tapi seru juga sebagai ciri khas kejawa timuranku. Tapi belum suroboyo banget
6. Neng Orin : halllah…ini kan namaku sendiri ?
7. Bejo – san : hihi…kolaborasi sama bhs Jepang
8. D Jang Geum : hyaa…ini nama inspiratif sekali buatku lho. Seperti kisah nyata seorang koki yang bisa menjadi tabib karena belajar berlipat kali lebih keras daripada temannya, plus hati nurani yang luhur dan memperhatikan hak rakyat kecil. Apaa coba, terlalu negarais.

Ya…sudah kupilih kawan-kawan. Sebuah nama yang inspiratif untuk laptopku tercinta ini. Walaupun seken belinya. Dan sudah lima kali bolak-balik opname ke tukang service. Kuperkenalkan. Laptop built ini asli Jepang merek VAIO. Inilah, calon pendamping setiaku untuk berkarya dan memajukan diri. Dialah….De Jang Geum……
Dengan spirit De Jang Geum (sepertinya tulisan aslinya bukan ini deh), aku akan berbuat berkali lipat lebih keras dan tangguh. Supaya bisa menjadi apapun yang kumau. Apapun. Biar banyak macemnya juga nggak papa.

Ini dia rencanaku, ada tiga garis besar :
1. Menjadi pelaku semi-homeschooling buat anak-anakku.
2. Menjadi penulis lepas,
3. Menjadi guru les di rumahku sendiri
4. Mendirikan homebiz online untuk menyalurkan kreatifitasku yang menuhin otak kananku, hehe…jangan sampai bisa menghimpit otak kiriku kan, yaitu mendirikan Pondok Flanel, meliputi Jual bahan, kreasi dan kursus dari Flanel.
Untuk saat ini, inilah skala prioritasnya.

Jadi dalam keseharianku. Pertama,aku harus mencetak worksheet untuk aldo sebanyak mungkin. Dan menyimpannya di folder. Lalu mengcopynya. Yang disimpan di folderku itu akan berguna untuk bimbel rumahanku nanti.
Aha…nama yang bagus. Bimbel Rumahan Mitra Asri. Nahh…konsepnya, biaya per pertemuan. Tanpa biaya pendaftaran. Dan tidak akan rugi jika tidak masuk. Setiap pertemuan akan diberikan worksheet atau lembar soal yang sekaligus berisi pedoman soal. Pelajaran yang diajarkan adalah IPA, Matematika dan bahasa inggris. Khusus untuk SD kelas 3,4,5 dan 6. Ada kelas khusus di hari Sabtu Malam atau Minggu sore, yaitu kelas Fisika SMU. Ini juga kalau suamiku mau mengajar dan tidak kecapekan. Untuk Kimia SMU, hehe…nggak dulu deh. Nanti kewalahan bikin worksheetnya. Kan musti mikir keras lagi. Pasti nyedot konsentrasi banget deh. Kasihan anak-anak nanti jadi korban side effect-ku ketika berkonsentrasi. Murka. Hee…pending dulu deh realistis. Ndak nggak mau ngerasa bersalah dulu walaupun aku sarjana kimia murni dari Institut Negeri di Bandung (Bukan INB ya…ganti N dengan T).
Juga ada kelas membaca, disesuaikan dengan permintaan peserta didik. Kelas membaca juga menerima les privat. Ini untuk kolaborasi dengan adik ipar, kalau mau dan dibolehin sama suaminya lhoo.

Kelas sekali sebulan, adalah writing class dan flanel class. Biayanya disesuaikan dengan bahan yang diperlukan. Untuk writing class, gratis. Tidak dipungut biaya. Meliputi kegiatan bedah buku, tutorial ilmu menulis kreatif dan bedah karya bersama.

Bisa saja. Bimbel rumahanku ini akan berkembang menjadi LPK Kartini Educare, seperti yang kuimpikan kemarin itu. Dan produk flanelnya kupake nama Pondok Flanel. Supaya dengan flanel ini aku bisa masuk ke pondok-pondok untuk mengajarkan ilmu kreatifku ini. Sehingga bisa berguna untuk anak yatim piatu itu kelak. Dan menyediakan sebagai reseller online dengan sistim konsinyasi.

Wiihh..indaaah…
Betapa sejak dulu aku suka banget dan ingin banget masuk Pondok Pesantren begituu...

Nah dalam perjalananku ini itu, aku akan menuliskan artikel, memoar, novel ataupun aneka buku how to. Di setiap aku merasa bahanku dan kepalaku sudah cukup penuh untuk menyimpan semua data yang akan kutulis.
Hmmm…ini jauh lebih indaahh….

Bisa nggak yaa…

Lho, katanya ini pertanyaan yang tidak baik. Tidak membangun kepercayan diri dan mematahkan semangat juang. Ciee…dari tadi ngomongnya pernjuangan melulu. Mentang-mentang kemarin Hari Anti Korupsi Sedunia. Dan hari ini adalah Hari HAM sedunia? Atau Indonesia ya? Yang mesti, di tivi dari kemarin banyak diskusi dan demo.
Oke. Kalimat yang terbaik adalah, kapan target pelaksanaan semua rencana itu dan bagaimana aku mengatur waktunya. Hmm ini perlu otak-atik buku tulis sebelum tidur. Kita lanjutkan diskusi ini besok atau minggu depan ya.

Next. Rencana Kreatif Manajemen Mimpi Menjadi Realistis (RKMMM)