Bu Oling Mau Kuliah Lagi

"ngapain kuliah lagi?"
"mau ambil apa?"

> "ambil kimia lagi kayak dulu, mas"

"halah ngapain. ambil pendidikan guru aja, sekarang guru SMA gajinya besar. enak"

glek.

>"tapi. kayaknya aku ingin belajar biokimia lagi deh mas. kalau SMA kan cuma kimia dasar"

"tujuanmu kuliah itu apa?!"
"kuliah kok dijadikan hobi !"

grrr... seisi ruangan tertawa.

Bu Oling menghembuskan nafas kuat-kuat, mengendalikan emosinya. Lalu dengan terbata dia menjawab, "mmm...sebenarnya menekuni kimia sudah cita-cita dan keinginan sejak SMA. Pas lulus kuliah juga, sebenarnya sudah diterima jadi peneliti. Laluu..yaa...setelah menikah ya prioritas ke anak-anak dulu. Nah sekarang mereka sudah besar. Saya dan suami sepakat, saya kuliah lagi, moga-moga bisa jadi dosen atau peneliti atau kedua-duanya."

Hffhhh nafas bu Oling dihembuskan kuat-kuat. Ingin sekali dia menggenggam erat tangan suaminya yang duduk disampingnya. Tapi itu tampaknya nanti terlalu lebay.


Bu Oling menutup mata sejenak saja, tapi kelibatan beberapa peristiwa malah muncul dengan cepat. Jelas sekali, ya kalimatnya, ruangannya.

"Eh...kemarin itu kamu kuliah ta? kirain ke Bandung cuma mau nyari suami"

"Aduh, jangan kawin dulu anakmu itu. Sekolah saja terus sampai S3. Jangan niru tantenya, sekolah jauh-jauh cuma jadi ibu rumah tangga. Momong anak."

"Ini anak saya. Iya mulai usaha pengetikan kecil-kecilan. Sebenarnya lulusan ITB. Tapi sekarang hamil, yaa nanti momong anak saja jadinya"

"Aduh mbak, lulusan ITB? kok jadi ibu rumah tangga? sayang banget. Mbok bikin les bimbel gitu loh."

"bikin ayam goreng aja gak bener. Katanya pinter. Sarjana ITB. halaahhh...."


aisss...dah, bu Oling memukul kepalanya sendiri.

credit






0 comments:

Posting Komentar

Terima kasih telah meninggalkan jejak dan memberikan komentar.
Pasti lebih menarik jika kita terus ngobrol. Bisa ke facebook: Heni Prasetyorini dan Twitter: @HeniPR. Sampai jumpa disana 😊