Mudahnya Membuat Mind Map Digital dengan Mind Maple

Mind map (peta pikiran) adalah cara mencatat kreatif yang pertama kali saya kenal dari buku Quantum Teaching. Buku ini adalah hadiah dari kakak pertama saya, Agus Rubiyanto, yang sekarang lagi gemetar kedinginan di negeri seberang. Juga sedang  berjuang dengan segenap jiwa raganya untuk menunjukkan kebaikan dan kehebatan Indonesia di mata dunia.. Moga-moga someday adeknye nyusul bisa ngrasain salju ya mas :-D . Dan bisa melakukan sesuatu yang berguna untuk bumi nusantara ini. Amin.

Kembali ke Mind Map. Inti dari teknik mencatat ini adalah membuat catatan yang saling berhubungan dari kata kunci penting suatu bacaan. Contohnya seperti mind map tentang "Gaya" (pelajaran IPA)  yang ditulis oleh anak saya, Aldo.

Mind Map Manual

Mencatat dengan teknik mind map ini menarik dan mudah untuk dibaca ulang. Sehingga proses belajar anak bisa lebih efektif dan menyenangkan. Cara belajar ini juga sesuai dengan kinerja otak manusia (brainbased learning).

Selain bisa ditulis secara manual dengan pulpen warna warni, mind map juga bisa dibuat secara digital. Ada beberapa aplikasi yang menyediakan program membuat mind map digital, baik yang gratis atau berbayar. Khusus untuk yang gratisan, menurut saya, aplikasi paling mudah digunakan adalah Mind Maple.

Untuk menggunakannya, kita perlu mengunduh dulu program ini ke dalam komputer atau laptop. Buka saja website, www.mindmaple.com lalu klik "download", dan pilihlah produk yang gratisan, Mind Maple Lite. Lanjutkan sampai program terunduh dan terinstall dengan baik di komputer atau laptop kita.



Selanjutnya, akan muncul pilihan theme dan template untuk membuat Mind Map, dengan tampilan sesuai yang kita inginkan. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak video tutorial saya berikut ini:


Yang menarik adalah file Mind Map ini bisa disimpan sebagai gambar. Sehingga file-nya akan mudah untuk di copy paste ke slide presentasi kita di Power Point, ms  Word atau dicetak langsung.



Mind Map digital akan memudahkan guru, ortu atau orang yang mau presentasi karena file aslinya mudah untuk dimodifikasi jika ada revisi.

Untuk belajar anak kecil, mereka bisa diajak untuk membuat Mind Map tentang diri mereka sendiri. Misalnya : nama, ciri fisik, cita-cita,hobi disertai gambar yang lucu-lucu. Selamat mencoba.


5 comments:

  1. wah, baru tau ternyata ada versi digitalnya. aku biasanya bikin pake coret - coretan di kertas aja

    BalasHapus
  2. Saya baru tahu nih kalau ada versi digitalnya..

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak dan memberikan komentar.
Pasti lebih menarik jika kita terus ngobrol. Bisa ke facebook: Heni Prasetyorini dan Twitter: @HeniPR. Sampai jumpa disana 😊