Generasi SIAP MAJU Bersama AKADEMI BERBAGI SURABAYA

Nuwun sewu mas, jalan ke UNAIR itu sebelah mana ya?"

1 Maret 2016.
Adalah hari bersejarah bagi saya dan kedua anak lelaki ganteng saya itu, Aldo dan Aji. Di hari itulah mereka baru mengetahui bahwa ibunya nggak hafal jalanan di Surabaya. Hahaha.... 

Kasihan kamu naakk...ya inilah ibumu. Walau dah lupa rute jalan dari Grahadi ke UNAIR, tetep aja nekad ngajak kalian berdua. Demi sebuah acara yang sangat ibumu harapkan, bisa membuka wawasan dan menambah inspirasi kalian. 

Saya mengetahui even ini dari twitternya komunitas Akademi Berbagi (@akbersby). Akber adalah komunitas berbagi ilmu, dengan narasumber praktisi,profesional, ahli kepada siapa saja dengan biaya nol rupiah. Alias gratis. Beberapa kali saya melewatkan even yang diadakan, karena terhalang waktu. Namun kali ini, saya niat nekad tekad bulat untuk bisa ikut dengan kedua anak saya.


Mengapa?
Acara apa itu?
Ya, ini adalah acara kolaborasi antara Akber Surabaya dengan pihak Lenovo yang mengadakan program Siap Maju Road Show & Inspirational Class, ke daerah-daerah di Indonesia. Dengan target sasaran para generasi muda bangsa. Generasi millenial Indonesia yang sudah akrab dengan dunia digital dari lahir. Bahkan dari mereka masih dalam bentuk zygot mungkin ya.

Itulah kenapa, even kali ini diadakan di kampus Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya, kampus B, Fakultas Ekonomi Bisnis. Lenovo, sebagai vendor ternama penyedia perangkat digital berteknologi canggih, berusaha mengetahui kebutuhan para user-nya, sekaligus memenuhi kebutuhan tersebut semaksimal mungkin.

Siapa saja user yang disasar?
Ya para anak muda era digital yang mulai aktif baik secara akademis, sosial serta bisnis. Salah satu topik yang diangkat adalah bisnis startup.


Topik startup sangat menarik perhatian saya, sejak mengenal konsep virtual distance learning, pembelajaran jarak jauh menggunakan teknologi digital. Cepat atau lambat, insyaAlloh saya ingin sekali membangun sebuah startup pendidikan yang dapat memudahkan guru dan murid untuk belajar di semua tingkatan jenjang pendidikan. Amin.

Startup juga mulai dikenal oleh anak sulung saya, Aldo. Kemarin dia membaca buku tentang startup, dan jadi makin tertarik. Buku yang saya pinjam dari perpustakàan Balai Pemuda Surabaya. Aldo juga sangat tertarik pada dunia animasi, ilustrasi digital, game dan semacamnya. Karena tahu bahwa salah satu inspirator adalah Chiki Fawzi, anaknya Ikang Fawzi, yang adalah animator. Maka saya bela-belain bersepeda motor bertiga, menempuh puluhan kilometer menuju even ini. Emak samsooon bener ya 😀.

Cerita tentang Chiki, akan saya ulas di satu blogpost khusus. Because I adore her so much. Love you dek...

Oke lanjut. Inspirator kedua adalah founder dari gantibaju.com. Anak muda yang mirip artis Vidi Aldiano ini, alumni Universitas Indonesia. Setelah mencoba 12 kali bisnis dan gagal, akhirnya startup gantibajudotcom ini sukses. Beberapa award diraihnya. Cara bicaranya so cool, asik, cuek namun berbobot. Anak saya sedikit banyak mengenal konsep bisnis darinya.


"Cepet action biar cepet gagal!"
Keren kan tips bisnisnya?! Asik juga mengikuti semangat anak muda untuk selalu berani dan siap maju ke depan. Setelah pihak Lenovo dan inspirator, tiba saatnya penanggung jawab Akber Surabaya berbicara. Beliau memberitahukan bahwa konsep Akber harus gratis. "Semua orang boleh belajar. Kapan saja. Dimana saja. Tidak boleh ada batasan."




Beliau mengatakan pentingnya menanamkan jiwa volunteerisme ke dalam anak-anak muda. Agar mereka terbiasa berbuat maksimal dan sesempurna mungkin, walaupun pekerjaan itu tidak dibayar. Karena hal itu akan berdampak sangat baik pada mereka. Dan menjadi bekal mental positif yang sangat membantu untuk sukses ke depannya.
Amazing ya. Semoga saya dan anak-anak suatu saat bisa berkontribusi langsung dalam even Akber Surabaya.
Baiklah, itulah reportase singkat dari even yang dihadiri oleh satu-satunya peserta pasangan ibu dan anak di antara mahasiswa UNAIR yang masih unyu. Untuk artikel tentang isi materi dari inspirator, tunggu blogpost selanjutnya

Salam berbagi.
-HPR-

4 comments:

  1. wah nambah imlu ya datang ke sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Tira. Ada di beberapa kota. Bisa tanya ke twitternya.

      Hapus
  2. Kemarin aku ikutan yang di Malang :D Tentang broadcaster

    BalasHapus
  3. Seru banget ya acaranya, gak rugilah Mba ketahuan aslinya(gak hafal jalan) heheh...

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak dan memberikan komentar.
Pasti lebih menarik jika kita terus ngobrol. Bisa ke facebook: Heni Prasetyorini dan Twitter: @HeniPR. Sampai jumpa disana 😊