Tentang Saya

Heni Prasetyorini Surabaya
Nama saya Heni Prasetyorini.
Biasa dipanggil Heni, namun beberapa teman alumni Asrama Putri ITB memanggil saya Orin.
Saya asli kelahiran Surabaya, yang beberapa kali merantau  untuk belajar. 

Sejak mempunyai anak kedua yang terlahir prematur, saya memutuskan menjadi 100% fully stay at home mom atau ibu rumah tangga satus persen.


Pandangan nonproduktif terhadap profesi ibu rumah tangga, ingin selalu saya patahkan. Maka saya terus menerus mengisi hari saya dengan belajar hal baru. Apa saja yang membuat saya penasaran. Mayoritas saya belajar secara otodidak menggunakan media buku, internet, televisi dan bertanya kepada sang ahli.

 Saya tipe orang yang suka belajar,  baik secara formal maupun non formal. Jadi setelah lulus dari S1 Kimia ITB (1997-2001), saya kuliah lagi di S2 Teknologi Pendidikan UNESA (2013-2015). 

Dalam jeda waktu belasan tahun itu,  saya belajar tentang beberapa hal, seperti : 
Kursus bahasa Jepang dasar Minna no Nihon Go, Quantum Teaching, Bogasari Cookies Class, Workshop handycraft (kreasi flanel, wire jewelry, patchwork). Dan tentu saja belajar PARENTING dan Keluarga.

Dengan aneka ilmu akademis, parenting dan keterampilan itu saya merambah dunia BLOGGING & BISNIS KREATIF. Hingga lahirlah BLOG dan  toko online pertama saya, Jilbab Orin. 

Kegemaran saya menulis dan membagikan hal baru ternyata membuahkan hasil. Pertama, saya masuk dalam 50 besar Srikandi Blogger 2013 yang diadakan oleh komunitas Kumpulan Emak Blogger (KEB).

Kedua, kiprah blog dan bisnis saya diamati oleh seorang reporter Metro TV Jatim, Rifai Pamone. Sehingga di bulan Ramadhan tahun 2013, kegiatan kreatif saya diliput  oleh Metro TV Jatim dalam segmen Inspirasi Bisnis Kreatif.


Pencapaian itu tak berhenti membuat saya untuk terus belajar. Karena ketertarikan pada dunia pendidikan juga sangat besar, maka saya putuskan untuk meneruskan kuliah di Pascasarjana UNESA jurusan Teknologi Pendidikan, dengan profesi sebagai A Millenial Housewive (Ibu Rumah Tangga Digital).

Sejak kuliah di UNESA itu, saya makin mengenal seluk beluk pendidikan. Dan semakin tertarik untuk mencari sumber jawaban dari pertanyaan besar yang saya simpan dari dulu yaitu,

bagaimana caranya agar setiap anak suka untuk belajar?

Di jurusan Teknologi Pendidikan, banyak teori yang membahas hal tersebut. Misalnya, konsep tentang "Learning How To Learn", "Brainbased Learning". Selain itu, saya juga amat tertarik pada penggunaan internet untuk kepentingan belajar dan mengajar dimana saja. Baik di rumah, di sekolah, di kampus atau di kantor. Oleh karena itu sejak masa kuliah pasca, saya mendalami topik tersebut "Digital Learning", "E-Learning", "Blended Learning", atau " Flipped Classroom".

Saya ingin terus mempelajarinya dan membaginya dengan sebanyak mungkin orang dalam bentuk tulisan di blog dan workshop.


Saya Mereview Aplikasi untuk Pembelajaran Online 

Ke depannya, insyaAlloh saya akan semakin produktif untuk menulis blog, buku atau ebook berisi learning kit.  Saya berharap kelak anak-anak dan para guru di Indonesia semakin terbiasa menggunakan komputer dan teknologi internet untuk meningkatkan kualitas belajar dan mengajarnya. Sehingga pendidikan di Indonesia semakin merata dan meningkat kualitasnya. 



BLOG

  1.  Jurnal Ibu Rumah Tangga Digital : www.heniprasetyorini.com
  2. Perempuan dan Teknologi : www.prasetyorini.com
  3. Pendidikan : http://edutek13.blogspot.co.id
  4. Kompasiana : www.kompasiana.com/heniprasetyorini

Headline & Viral Post




on Media







EDUPRENEUR






Saya terbuka untuk diskusi dan kerjasama baik secara personal, bisnis dan akademis.
Untuk keperluan lebih lanjut, bisa kontak saya di
- email: heni.prasetyorini@gmail.com
- twitter: www.twitter.com/HeniPR
- facebook: www.facebook.com/heniprasetyorini
- instagram: www.instagram.com/heniprasetyorini

Terima kasih sudah datang di blog saya, semoga bermanfaat.
-Heni Prasetyorini-

Share
Tweet
Pin
Share