Podcast Bu Heni

Coding Mum Surabaya Pertemuan 7-12, Bootstrap Javascript Dan Presentasi Akhir

Tidak ada komentar
Materi belajar di kelas Coding Mum yang sudah kami pelajari beberapa kali, intinya seputar Wireframing, HTML 5, CSS 3, Bootstrap dan Javascript. Materi dasar tersebut bisa menjadi bekal untuk memahami pekerjaan desain web maupun front-end programming.

Kelas belajar pun diisi dengan trial and error dari peserta, dan tanya jawab peserta dengan coach. Banyak hal yang terjadi menjelang akhir kelas, ada yang suaminya sakit, anaknya sakit dan salah satunya juga beberapa laptop udah mulai protes. Seperti laptop bu Jelita yang mendadak padam tanpa sebab. Dan laptop saya yang kepanasan karena ada masalah dengan fan, akhirnya ikutan padam juga. Merk laptop kami sama pula :D 

Tentu saja ini meningkatkan adrenalin sekaligus tingkat kesetresan. Karena tugas akhir sudah diberikan, yaitu membuat desain website sendiri. Untuk kemudian dipresentasikan pada hari Kamis, 2 Juni 2016, di markas besar Coding Mum Surabaya, Dilo Telkom Divre V Ketintang. 

Walau berjuang dengan laptop yang mulai ngos-ngosan-saya curiga ini karena laptopnya tak rela diajak mengcoding-karena selama hampir 5 tahun ini saya pakai untuk mengetik dan internetan juga aman jaya. Akhirnya desain web saya dan bu Jelita juga selesai. Bahkan di tengah malam sebelum presentasi, bu Jelita masih men-japri saya, hopeless karena laptopnya mati lagi, lagi lagi mati. Nggak ada anjuran yang bisa saya berikan, selain, "udah besok kita berangkat pagi-pagi aja ya. Minta dibenerin sama orang-orang Dilo atau para coach disana. Pokoke budal!".

Beneran kan, kami datangnya kepagian. Berdua bersama laptop tercinta :)

Sesampai di Dilo, saya dan bu Jelita segera merapatkan barisan. Bu Jelita sudah siap "ON", entah siapa kemarin yang berhasil menyalakan laptopnya. Saya malah nggak berani buka laptop sama sekali. Simpan tenaga si laptop. Takut dia kepanasan di waktu tayang. 

Tak lama setelah kami datang, ada rombongan dari Bekraf Jakarta yaitu bu Poppy CS. Perkenalan hangat dan obrolan ringan pun terjadi untuk mencairkan suasana. Saya rada kaget juga sih. Selama di grup whatsapp Coding Mum Surabaya, saya sering menimpali candaan bu Poppy dengan memanggil beliau, "Mbak Poppy". 

Karena tulisannya ringan dan penuh canda, saya pikir beliau masih sepantaran saya atau malah adik saya gitu. Eh ternyata bu Poppy sepantaran ibu saya :). Eyang Putri gaul, begitu julukan yang cocok buat bu Poppy. Suaranya yang empuk, mirip suaranya Maria Ontoe, merdu. Bu Poppy adalah perwakilan dari Bekraf Jakarta, beliau bekerja di bagian edukasi. 

Bu Poppy cs
Kami berharap bisa ada formasi lengkap saat presentasi. Sayang seribu sayang, bu Lulus harus patah hati karena tak bisa datang. Bu Lulus harus mengikuti tugas pelatihan sekolah yang tidak bisa diwakilkan sampai akhir kegiatan di Dilo selesai. Apa mau dikata, tugas negara lebih penting ya bu Lulus. Dan toh ibu juga sudah "Lulus" to sejak lahir :D :D

Presentasi pun dimulai satu demi satu, sesuai hasil undian. Foto lengkapnya bisa dilihat di website Coding Mum Surabaya. Suasana riuh rendah, karena kami sejak awal sudah sepakat menjadikan acara ini sersan, serius tapi santai. Presentasi kami dikomentari dan dikritisi oleh tiga orang panelis. Masukannya bagus sekali dan saya catat dengan sigap di lembar modul Coding Mum saya yang cuma menyisakan selembar halaman kosong itu :)
DSCN1506
3 panelis, dari Jelasin.com, Good News From Indonesia dan ... Studio 
Ada saran perihal layout, warna, fokus yang perlu ditonjolkan, bagaimana mengatur isi website supaya bisa bertutur layaknya storytelling serta respon terhadap ide bisnis yang kami sajikan di website. So far so good. 

Di awal kelas Coding Mum, saya berencana membuat website Studio Belajar Doji, yaitu situs yang menyimpan materi dan sumber belajar untuk anak-anak saya. Namun berhubung waktu terbatas, saya tidak sanggup untuk mengumpulkan link, mencari gambar dan menulis materi belajar sehingga sesuai dengan konsep yang akan saya sajikan. 

Untuk itu, saya gunakan rencana kedua, yaitu menyajikan website tentang Akademi Prasetyorini. Yaitu sebuah rencana projek saya bersama beberapa teman, untuk membuat kursus belajar bagi perempuan (khususnya untuk ibu rumah tangga). Konsep ini kemudian saya pertajam lagi dari segi definisi, jenis kursus dan strategi pembelajaran. Semuanya saya sajikan dalam bentuk one single page website, web dengan satu halaman saja. 


Saya saat presentasi. Laptop saya berusaha diselamatkan dengan cool pad besar :)
Website saya tentang Akademi Prasetyorini

Alhamdulillah, akhirnya presentasi berakhir dengan baik. Bu Poppy memberikan apresiasi atas usaha dari ibu-ibu di Coding Mum Surabaya. Dan berharap projek pemberdayaan ibu rumah tangga khususnya dan ibu-ibu pada umumnya, di dunia pemrograman melalui Coding Mum ini berjalan terus secara berkesinambungan. Tidak berhenti sampai disini.

Saya sampaikan bahwa beberapa teman saya, khususnya ibu-ibu yang aktif sebagai blogger, sudah menunjukkan antusias untuk belajar di Coding Mum untuk batch selanjutnya. 

DSCN1591
Foto bersama terakhir Coding Mum Surabaya Batch 1 (April 2016 - Juni 2016)
Seperti biasa, ritual foto bersama harus dilakukan. Walau formasi kurang lengkap, kami tak terlalu gundah. Karena selain di grup whatsapp akan terus aktif. Kami berencana membuat pertemuan rutin berkumpul, semacam gathering alumni Coding Mum Surabaya, untuk terus mengupgrade ilmu coding yang terus kami pelajari sendiri di rumah. Terima kasih untuk para coach dibawah ini, yang sudah mengajari kami dan bersedia meluangkan waktunya kelak jika ada gathering, asal upetinya banyak :D
The Coach: Mas Ainan, Mas Toha, Mas Dicky
Terima kasih untuk pak Zaenal sebagai penjaga gawang Dilo Surabaya dan yang menyajikan kopi gratis, walau kami tak sempat bikin di Dilo. Sungkan juga rek, ibu-ibu ngopi di Dilo, heheheeh. Dan juga makasih dengan mas Fikri, pengurus "dapur logistik" Coding Mum, yang sering disindir ibu-ibu jika sudah pada kelaparan, hahahaah. Dan pada mas Rizal, yang rajin memotret kami dan nggak pernah sekalipun masuk frame foto. Bahkan harus rela memotret berkali-kali karena semua HP peserta ingin difotoin satu per satu. Khas emak-emak banget ya? demi update propic :D :D 
Pak Zaenal dan Rizal (yang jarang masuk frame foto) :)
Berikut foto patner ngikik bareng, edisi dibuang sayang. Terus belajar ya teman-teman, walau kita sudah jadi emak-emak. Atau bahkan nenek-nenek. 
Coding Grandma, keren juga kan kedengerannya :D

Saya dan bu Lulus


Bu Titi

Bu Prima
Bu Jelita dan Bu Cicim (tantenya)
Tika, website C4KM4D The Scribble Artist
Aisyah dan Jelita,

Tidak ada komentar

Terima kasih telah meninggalkan jejak dan memberikan komentar.
Pasti lebih menarik jika kita terus ngobrol. Bisa ke facebook: Heni Prasetyorini dan Twitter: @HeniPR. Sampai jumpa disana 😊